Bloge Wong SIASEM

Template Gaweane Dewek ( Iwan Arifudin )

Minggu, 13 Januari 2013

Cara membuka password excel sheet

Membuka password excel, bagaimana cara membuka password excel yang di proteksi ?Pada kesempatan siang ini saya ingin sharing dengan rekan-rekan semua bagaimana cara unprotect sheet dari file Excel yang di proteksi atau cara membuka password excel sheet yang di proteksi, Mungkin anda pernah mendownload file excel yang sheet-nya di protect atau mungkin juga anda pernah memprotect sheet suatu file excel dan lupa passwordnya sehingga file tersebut tidak bisa kita edit, Nah ! saya akan menunjukkan bagaimana caranya membuka protect sheet suatu file excel atau cara membuka password excel sheet,

perlu di ketahui sebelumnya ada berbagai cara yang di pergunakan untuk membuka proteksi sheet Excel, mulai dari mempergunakan software, menggunakan software open office atau dengan script Visual Basic Editor (VBA), cara script VBA adalah yang saya pergunakan dengan alasan kompabilitas dengan program microsoft excel yang memang menyediakan perintah bahasa pemrograman modul VBS secara defaultnya, mengingat beberapa software yang saya coba tidak berhasil/errors, sedangkan untuk menginstal open office tidak saya lakukan dengan alasan cukup berat untuk di buka dan juga sudah ada Microsoft office 2007 sebagai standart pengolah file di komputer saya.

File yang saya buka hasil dari download tentang jadwal pertandingan olahraga kebetulan berektensi xls, yang merupakan ekstensi dari microsoft office 2007, bagi anda yang masih mempergunakan microsoft office 2003 atau microsoft office 2010 cara ini juga silahkan di coba, berikut ini tahapan cara membuka password excel sheet :
Step by step cara membuka password excel sheet

1. File excel yang sheet-nya di protect biasanya tidak bisa di edit sama sekali, semua click seolah tidak berfungsi, pada tab “review” coba anda cek, apabila ada icon file excel bertuliskan unprotect sheet, itu tandanya sheet tersebut di proteksi oleh empunya atau proteksi dalam keadaan aktif, untuk lebih jelasnya lihat screen shoot berikut ini, gambar di bawah ini memperlihatkan file excel yang sheetnya di proteksi sehingga kita tidak bisa meng-editnya :




2. Untuk memasukan script VBA lihat bagian sebelah bawah kiri pada tab sheet yang di protect, klik kanan dan pilih “view code” akan terbuka jendela baru secara otomatis (Microsoft visual basic), atau bisa juga dengan cara menekan tombol kombinasi “Alt + F11″ di lanjutkan klik insert/module, apabila di bagian tengah sudah muncul jendela baru/module berarti langkah anda sudah benar cara membuka password excel sheet




Code VBA membuka password excel sheet

3. Selanjutnya cara cara membuka password excel sheet Pada jendela module, copy pastekan kode berikut ini (copy dan paste mulai dari ” Sub InternalPasswords()” sampai dengan “end sub”) :


Copy dan paste code berikut ini



Sub InternalPasswords()

Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer
Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer
Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer

On Error Resume Next

For i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66
For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66
For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66
For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126

ActiveWorkbook.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)

ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)

If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then

If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then

If ActiveSheet.ProtectContents = False Then

Exit Sub

End If

End If

End If

Next: Next: Next: Next: Next: Next
Next: Next: Next: Next: Next: Next

End Sub

4. Membuka password excel sheet selanjutnya Lihat bagian kiri atas lembar kerja, highlight atau klik pada sheet yang akan kita buka proteksinya.




5. Klik tab Tool/Macros/Internal Password/run




6. Tunggu beberapa saat dan klick icon Microsoft Excel di pojok kiri atas atau “Alt + F11″ untuk kembali ke lembar kerja, …… Violaaa kini file excel yang di proteksi tersebut sudah bisa di edit sesuka hati anda ! lihat juga pada tab “review” kini icon sheet sudah bertuliskan protect sheet sebagai tanda sudah tidak di protect lagi.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

6 komentar:

  1. trimaksih gan.. BIG sukses 4 karirnya

    BalasHapus
  2. gan, kalo jendela module nya jg ikut terprotect gmna gan solusinya?

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas masukannya gan...cuman ada masalah baru nih... jika modulenya nggak bisa juga dibuka gimana nih...

    BalasHapus
  4. thank's sangat membantu

    BalasHapus
  5. Trims Gan...sangat membantu, file excelku sekarang bisa kebuka.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

KATA MUTIARA


tutorial blogger Indonesia